Senin, 25 Januari 2010

AKUNTANSI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

Pada dasarnya tidak ada perbedaan antara pembukuan pada perusahaan perkebunan kelapa sawit dengan perusahaan lainnya. Perbedaan menyolok hanya pada alur kerja & alur pembukuan yang berbeda dengan perusahaan umumnya. Hal ini menuntut keahlian & kecakapan seorang Kepala Tata Usaha (KTU) atau Accounting/Accountant harus benar-benar memadai.

Berdasarkan pengalaman penulis selama ini, banyak Accounting/KTU yang tidak menguasai dasar-dasar akuntansi dengan baik. Mereka hanya bekerja mengikuti alur yang sudah ditetapkan perusahaan tanpa mempunyai kemampuan untuk menganalisa. Kepada rekan-rekan yang sekarang bekerja sebagai Accounting/KTU, mari kita tingkatkan dasar-dasar akuntansi kita.

Apa saja dasar-dasar akuntansi yang sangat penting tersebut?
1. Jurnal
Kemampuan dasar seorang accountant adalah harus menguasai jurnal. Harus mengetahui mana debet dan mana kredit. Mana yang bersaldo positif dan mana yang bersaldo negatif.
Penulis pernah menjumpai seorang Accounting bahkan KTU yang tidak memeriksa laporan Neraca Percobaannya sehingga Kas bersaldo minus, Piutang minus, Hutang Plus, dll.
Inilah yang dimaksud dengan menguasai dasar-dasar akuntansi sehingga bisa melakukan analisa mana perkiraan yang janggal & mana yang normal.

2. Buku Besar
Dengan memahami apa itu buku besar, diharapkan seorang Accounting/KTU bisa menemukan mengapa suatu perkiraan itu tidak normal, karena semua pencatatan/jurnal akan tersimpan di buku besar.

3. Neraca
Pada umumnya orang akan melihat kinerja suatu perusahaan salah satunya adalah dari Neraca. Di dalam Neraca terpampang secara jelas berapa aktiva & passiva suatu perusahaan bahkan dengan detail-detailnya untuk menganalisa cash flow, likuiditas, solvabilitas dll.

4. Laporan Rugi Laba
Laporan ini tidak terlalu diwajibkan dalam suatu perusahaan perkebunan kelapa sawit, karena biasanya akan di buat oleh Kantor Pusat dengan memasukkan berbagai biaya yang tidak ada di lokasi. Tetapi tidak ada salahnya kita juga harus menguasai laporan ini karena pada saat tanaman sudah menghasilkan, laporan ini akan menjadi salah satu pedoman menilai kinerja suatu kebun/estate dan karyawannya, berpengaruh terhadap kenaikan gaji dan bonus tahunan.


Pada tulisan mendatang, penulis akan mencoba menampilkan alur kerja/pencatatan biaya pada suatu estate/perkebunan kelapa sawit.

Salam,

2 komentar:

  1. mantep bosss...
    ditunggu tulisan selanjutnya

    salam

    BalasHapus
  2. nice info.. thanks ya:)

    BalasHapus